Pages

Minggu, 15 Mei 2011

TEKNOLOGI TERBARU

Teknologi Bedah Tulang Adopsi Kemampuan GPS


Perangkat Computer Assisted Surgery (ash/Inet)
Jakarta – Pemanfaatan teknologi komputer sudah merambah ke bidang kesehatan, salah satunya untuk pembedahan tulang. Dalam perkembangan pemanfaatan teknologi terbaru, dokter yang melakukan operasi kini dipermudah dengan suatu sistem yang berfungsi sebagai pemberi arah layaknya GPS (Global Positioning System).
Teknologi ini disebut Computer Assisted Surgery (CAS). Yang merupakan suatu prosedur penggunaan sistem komputer dalam operasi guna memberikan navigasi terhadap ahli bedah.
Penggunaan CAS saat ini masih lebih ditujukan untuk bedah tulang (Orthopaedic), sehingga dalam operasi alat ini membantu ahli bedah dengan penciptaan dan tampilan gambar (navigasi) yang menunjukkan komponen-komponen antara tulang dan ligamen dari persendian yang akan atau sedang diganti.
Dr. Nicolaas C. Budhiparama, Jr.F.I.C.S, seorang ahli bedah mengatakan, hasil operasi tulang yang dilakukan dengan bantuan CAS mempunyai tingkat keakuratan dan presisi yang lebih baik dibanding cara operasi secara konvensional.
“Operasi Total Knee Replacement (penggantian lutut secara menyeluruh-red) merupakan salah satu operasi tersulit, sehingga membutuhkan kemampuan komputer sebagai pemandu untuk hasil yang lebih baik,” ujar Dr. Nico, saat acara media workshop CAS di Rumah Sakit Medistra Jakarta, Selasa (21/8/2007).
Sehingga dengan alat ini, para ahli bedah dapat dengan segera mengambil keputusan untuk melakukan tindakan berdasarkan yang ditunjukkan oleh sistem ini dari sisi arah, posisi anatomi, deviasi yang ada dan kedudukan implan terhadap tulang. Hal ini serupa dengan sistem pencari arah (GPS) yang terdapat pada kapal atau mobil yang dapat memberikan data sehingga pengemudi dapat menentukan arahnya.
Dr Nico mengatakan, keberadaan CAS sendiri hanya ada di beberapa negara di dunia, salah satunya adalah di Singapura. Sedangkan untuk Indonesia, lanjutnya, secara resmi baru saja diperkenalkan hari ini (21/8/2007) namun sebenarnya metode tersebut sudah beberapa kali diterapkan ke pasien hanya saja belum dipublikasikan.
“Penerapan CAS itu tidak gampang, perlu pelatihan khusus dan si dokter pun harus interest dengan teknologi. Tapi manfaatnya, menguntungkan bagi pasien dan si dokter sendiri,” imbuhnya..

LG DP889: Digital Photo Frame Lengkap dengan DVD Player

Tak dari DVD player berada dibalik layar foto frame ini. Seperti layaknya kaset tape pada walkman jaman jadul dulu. Anda bisa menonton isi DVD ini sampai 3,5 jam sebelum batereinya habis. Jika menginginkan suara yang lebih dahsyat, Anda bisa menambahkan extra sound pada DVD player ini melalui slot yang tersedia.
DP889 juga memiliki slot MMC 3in1, kompatibilitas dengan USB flashdisk dan MSRP (Message Session Relay Protocol). Bingkai foto dengan teknologi terbaru ini Akan dijual dengan harga $ 279.95.

Digital Photo Frame Intouch IT7150 With Multi-Touch Support

Seiring teknologi multi-touch yang banyak digunakan di ponsel keren saat ini, multi-touch juga mulai digunakan pada laptop, device GPS, dan yang terbaru adalah Photo Frame digital.
IT7150 Photo frame
IT7150 Photo frame
Intouch IT7150 adalah frame foto digital dengan teknologi multi-touch terintegrasi. Gadget ini memiliki layar LCD 7 inch dengan resolusi 800×480 yang sensitif terhadap sentuhan. Perangkat ini juga memiliki fasilitas WiFi, port USB dan slot memory stick. Memori internalnya adalah 128 mb dan memiliki speaker stereo dan audio out untuk headphone.
Fitur paling mengesankan dari perangkan ini adalah dukungan untuk vtuner yang memberikan akses ke 11.000 radio online dan tv online tanpa biaya langganan tambahan.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar